Makna dan Daftar Plat Nomor Kendaraan Kalimantan

  • 3 min read
  • Oct 09, 2023
Makna dan Daftar Plat Nomor Kendaraan Kalimantan

Plat Nomor Kendaraan di Kalimantan: Identitas dan Keunikan

Plat nomor pada kendaraan merupakan identitas yang sangat penting dalam dunia otomotif. Plat nomor ini tidak hanya digunakan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan, tetapi juga memberikan informasi mengenai daerah asal kendaraan tersebut. Di Indonesia, setiap daerah memiliki plat nomor dengan kode khusus. Bagi penggemar otomotif, mengetahui plat nomor Kalimantan mungkin menjadi hal menarik untuk dijelajahi. Artikel ini akan mengupas mengenai plat nomor di Kalimantan dan beberapa keunikan yang terkait.

Plat Nomor di Kalimantan

Sebagaimana daerah-daerah lain di Indonesia, Kalimantan juga memiliki plat nomor dengan kode khusus. Kode plat nomor yang digunakan di Kalimantan adalah KH. Kode ini merupakan singkatan dari Kalimantan Hulu yang merupakan sebutan untuk wilayah administratif di provinsi Kalimantan.

Untuk mengenali daerah asal kendaraan yang menggunakan plat nomor Kalimantan, kita dapat melihat angka yang ada di plat nomor tersebut. Setiap angka memiliki arti dan makna tersendiri. Misalnya, angka 1 pada plat nomor KH1 menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Kalimantan Tengah. Angka 2 mengindikasikan Kalimantan Barat, angka 3 adalah Kalimantan Selatan, dan angka 4 adalah Kalimantan Timur. Dengan demikian, melihat plat nomor dapat memberikan informasi mengenai asal usul kendaraan tersebut.

Keunikan Plat Nomor di Kalimantan

Plat nomor di Kalimantan memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari plat nomor di daerah lain di Indonesia. Salah satunya adalah desain dan warnanya. Plat nomor Kalimantan memiliki desain yang khas dengan latar belakang putih dan angka serta huruf berwarna merah. Desain yang mencolok ini membuat plat nomor Kalimantan mudah dikenali dan membedakannya dari plat nomor daerah lain.

Tidak hanya warna, plat nomor Kalimantan juga memiliki kombinasi angka dan huruf yang unik. Plat nomor Kh1, misalnya, akan diikuti dengan kombinasi tiga huruf. Huruf-huruf ini memiliki makna serta arti yang berbeda. Kombinasi huruf dalam plat nomor ini juga dapat memberikan petunjuk mengenai tahun registrasi kendaraan tersebut.

Keunikan lainnya adalah adanya nomor unik yang diberikan untuk kendaraan milik pejabat. Plat nomor yang digunakan pada kendaraan pejabat di Kalimantan ditandai dengan tambahan tanda khusus berupa bintang. Plat nomor dengan tanda bintang ini memberikan penanda bahwa kendaraan tersebut milik pejabat atau instansi resmi.

Peraturan dan Informasi Penting

Bagi para pengguna kendaraan di Kalimantan, penting untuk mengetahui beberapa peraturan dan informasi terkait plat nomor. Pertama, terdapat peraturan ketat mengenai pemakaian plat nomor palsu atau tidak resmi. Pemakaian plat nomor palsu atau holiday (yang bukan ditetapkan oleh kepolisian) dapat dikenai sanksi dan denda yang cukup tinggi. Pengguna kendaraan diharapkan untuk selalu menggunakan plat nomor yang resmi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kedua, untuk memperoleh plat nomor Kalimantan, pemilik kendaraan harus melalui proses registrasi di SAMSAT (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) setempat. Proses registrasi kendaraan juga harus dilakukan jika terjadi perubahan kepemilikan kendaraan atau pemindahan domisili kendaraan ke daerah lain di Kalimantan.

Kesimpulan

Plat nomor kendaraan di Kalimantan memiliki peran penting dalam mengidentifikasi asal kendaraan dan pemiliknya. Kode plat nomor KH digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan asal Kalimantan. Plat nomor ini tidak hanya memiliki desain yang unik, tetapi juga memberikan informasi mengenai daerah asal kendaraan tersebut. Dalam penggunaan plat nomor Kalimantan, ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan, seperti larangan pemakaian plat nomor palsu dan prosedur registrasi di SAMSAT setempat. Dengan mengetahui dan memahami informasi ini, pengguna kendaraan dapat memastikan penggunaan plat nomor yang resmi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

FAQ Makna dan Daftar Plat Nomor Kendaraan Kalimantan

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Makna dan Daftar Plat Nomor Kendaraan Kalimantan

2. Bagaimana cara mengetahui daftar plat nomor kendaraan Kalimantan?

Daftar plat nomor kendaraan Kalimantan

Anda dapat mengetahui daftar plat nomor kendaraan Kalimantan dengan mencari informasi dari Sistem Administrasi Registrasi Identifikasi Kendaraan Bermotor (SAR-ISKIB) di wilayah Kalimantan. Biasanya, informasi ini dapat diperoleh melalui website resmi Kepolisian Daerah setempat.

3. Apakah plat nomor kendaraan di Kalimantan memiliki peraturan khusus?

Peraturan khusus plat nomor kendaraan di Kalimantan

Ya, terdapat peraturan khusus untuk plat nomor kendaraan di Kalimantan. Kendaraan yang terdaftar di Kalimantan biasanya harus menggunakan plat nomor dengan awalan sesuai daerah. Selain itu, ada ketentuan dalam pemilihan angka atau kombinasi huruf tertentu sebagai bagian dari plat nomor.

4. Bagaimana cara mengganti plat nomor kendaraan di Kalimantan?

Pergantian plat nomor kendaraan di Kalimantan

Untuk mengganti plat nomor kendaraan di Kalimantan, Anda perlu mengajukan permohonan kepada Sistem Administrasi Registrasi Identifikasi Kendaraan Bermotor (SAR-ISKIB) setempat. Perlu mengikuti prosedur tertentu dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, seperti membawa dokumen identitas kendaraan dan identitas pemilik kendaraan.

5. Apa yang harus dilakukan jika kehilangan plat nomor kendaraan di Kalimantan?

Kehilangan plat nomor kendaraan di Kalimantan

Jika Anda kehilangan plat nomor kendaraan di Kalimantan, segera melaporkan kehilangan tersebut kepada pihak kepolisian setempat. Anda juga perlu membuat surat kehilangan dan mengajukan permohonan untuk mendapatkan plat nomor pengganti kepada Sistem Administrasi Registrasi Identifikasi Kendaraan Bermotor (SAR-ISKIB) di wilayah Kalimantan.

  Mengenal Material Termahal di Dunia dan Keunikan Mereka