Tips Mengeringkan HP yang Kemasukan Air dengan Benar

  • 3 min read
  • Oct 14, 2023
Tips Mengeringkan HP yang Kemasukan Air dengan Benar

Cara Mengeringkan HP yang Kemasukan Air

Pada beberapa kesempatan, kita mungkin mengalami situasi yang tidak menyenangkan ketika HP kita terkena air. Hal ini bisa terjadi saat kita sedang bermain di pantai, berenang, atau bahkan ketika sedang menggunakannya di kamar mandi. Kejadian seperti ini dapat membuat kita panik, karena air dapat merusak komponen elektronik dalam HP dan mengakibatkan kerusakan permanen.

Namun, sebelum kita memutuskan untuk membawa HP ke pusat servis atau membeli yang baru, ada langkah-langkah sederhana yang bisa kita coba untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara yang efektif untuk mengeringkan HP yang kemasukan air.

Langkah 1: Matikan HP Secara Cepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mematikan HP secepat mungkin setelah terkena air. Jika HP tetap menyala, segera matikan dengan menekan tombol power atau cabut baterainya jika memungkinkan. Hal ini sangat penting, karena matikan HP dapat mencegah perangkat dari kerusakan yang lebih parah.

Langkah 2: Keluarkan Komponen yang Bisa Dilepas

Setelah menghentikan aliran listrik, langkah berikutnya adalah melepaskan semua komponen yang bisa dilepas, terutama baterai, SIM card, dan kartu memori. Dengan mengeluarkan komponen-komponen tersebut, kamu bisa menghindari terjadinya korosi akibat air yang terjebak di dalam perangkat.

Langkah 3: Keringkan dengan Lap atau Handuk

Setelah melepaskan komponen yang bisa dilepas, keringkan permukaan luar HP dengan handuk atau lap yang bersih. Usap perlahan untuk menghilangkan air yang masih menempel di permukaan. Pastikan untuk tidak menggosok secara kasar, karena dapat merusak bagian-bagian yang terdapat di permukaan HP.

Langkah 4: Gunakan Hair Dryer dengan Hati-Hati

Selanjutnya, gunakan hair dryer dengan suhu medium atau dingin untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Pastikan untuk menjaga jarak yang aman antara HP dan hair dryer, setidaknya sekitar 15 cm, dan bergerak secara perlahan agar udara panas tidak merusak komponen dalam HP. Selain itu, jangan menggunakan hair dryer terlalu lama, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Langkah 5: Gunakan Rice atau Silica Gel

Jika setelah menggunakan hair dryer masih ada kelembapan di dalam HP, kamu bisa menggunakan bahan pengering seperti nasi atau silica gel. Letakkan HP dan komponennya dalam wadah yang berisi nasi atau silica gel yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, dan biarkan selama 24-48 jam. Bahan pengering tersebut bisa menyerap kelembapan di dalam HP sehingga membuatnya kembali kering.

Langkah 6: Uji HP Kembali

Setelah 24-48 jam, coba nyalakan HP kembali dan periksa apakah semuanya berfungsi dengan baik. Pasang kembali baterai, SIM card, dan kartu memori, dan nyalakan HP secara normal. Jika HP masih tidak berfungsi atau mengalami masalah, maka dianjurkan untuk membawa perangkat ke pusat servis terdekat untuk diperbaiki atau dikonsultasikan dengan teknisi terpercaya.

Kesimpulan

Menyelamatkan HP yang kemasukan air bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana di atas. Dalam hal ini, tindakan cepat sangat penting untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Penting untuk diingat bahwa setiap HP berbeda, dan beberapa mungkin lebih tahan terhadap air daripada yang lain. Jadi, meskipun langkah-langkah di atas mungkin efektif, tidak ada jaminan penuh bahwa HP akan pulih sepenuhnya. Oleh karena itu, sebaiknya selalu mencegah HP terkena air dengan menjaga kehati-hatian saat menggunakannya di tempat-tempat yang rawan akan kelembapan.

Tips Mengeringkan HP yang Kemasukan Air dengan Benar – FAQ

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tips Mengeringkan HP yang Kemasukan Air dengan Benar

Apa yang harus dilakukan jika HP saya terkena air?

Jika HP Anda terkena air, segera matikan perangkat dan keluarkan baterai (jika memungkinkan). Keringkan dengan handuk lembut, tempatkan di dalam baskom berisi nasi atau kantong silika gel, dan biarkan selama minimal 48 jam sebelum mencoba menghidupkannya kembali.

Bolehkah saya menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan HP yang kemasukan air?

Tidak disarankan menggunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Panas berlebih dapat merusak komponen dalam HP. Sebaiknya gunakan metode pengeringan alami dengan nasi atau silika gel.

Berapa lama sebaiknya HP saya dikeringkan setelah terkena air?

HP yang terkena air sebaiknya dikeringkan selama minimal 48 jam. Hal ini memastikan bahwa semua kelembapan di dalam perangkat telah benar-benar menguap sebelum mencoba untuk menghidupkannya kembali.

Apakah saya bisa menggunakan oven atau microwave untuk mengeringkan HP yang basah?

Tidak, jangan mencoba menggunakan oven atau microwave untuk mengeringkan HP yang basah. Suhu yang tinggi dapat merusak perangkat secara permanen. Gunakan metode pengeringan alami seperti nasi atau silika gel.

Jika HP saya kemasukan air laut, apa yang harus dilakukan?

Jika HP Anda terkena air laut, segera bilas dengan air tawar untuk menghilangkan garam. Setelah itu, ikuti langkah-langkah pengeringan biasa dengan menggunakan metode nasi atau silika gel.

  Aktor dengan Bayaran Termahal di Dunia: Siapa Saja Mereka?