Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai yang Tidak Menyala

  • 3 min read
  • Nov 01, 2023
Cara Memperbaiki Kompor Gas Rinnai yang Tidak Menyala

Kompor gas Rinnai adalah salah satu merek kompor gas yang populer di Indonesia. Kompor gas Rinnai memiliki banyak keunggulan, seperti hemat gas, mudah digunakan, dan awet. Namun, kompor gas Rinnai juga bisa mengalami masalah, seperti tidak menyala atau hanya menyala sebelah.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan buru-buru memanggil tukang servis atau membeli kompor baru. Anda bisa mencoba memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala dengan cara-cara sederhana berikut ini.

  1. Cek Pemantik Api Kompor Gas
    Pemantik api kompor gas adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang akan menyalakan gas. Jika pemantik api kompor gas bermasalah, maka api tidak akan keluar dari burner (tempat keluarnya gas).

Penyebab pemantik api kompor gas bermasalah bisa karena kotor, basah, atau rusak. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba menekan tombol pemantik dan lihat apakah ada percikan api atau tidak.

Jika tidak ada percikan api, Anda bisa membersihkan ujung pemantik api dengan kain kering atau sikat gigi bekas. Jika ada kotoran atau air yang menempel pada ujung pemantik, bersihkan sampai bersih.

Jika sudah bersih, coba tekan tombol pemantik lagi dan lihat apakah ada percikan api atau tidak. Jika masih tidak ada percikan api, kemungkinan besar pemantik api kompor gas sudah rusak dan perlu diganti.

  1. Cek Knop Kompor Gas
    Knop kompor gas adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya aliran gas dari tabung ke burner. Jika knop kompor gas bermasalah, maka aliran gas tidak akan lancar dan api tidak akan menyala.

Penyebab knop kompor gas bermasalah bisa karena kotor, macet, atau rusak. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba memutar knop kompor gas dan dengarkan apakah ada bunyi desis gas atau tidak.

  Konversi Takaran: 450 ml Air Sama dengan Gelas

Jika tidak ada bunyi desis gas, Anda bisa membersihkan bagian dalam knop kompor gas dengan kain kering atau sikat gigi bekas. Jika ada kotoran atau debu yang menyumbat lubang knop, bersihkan sampai bersih.

Jika sudah bersih, coba putar knop kompor gas lagi dan dengarkan apakah ada bunyi desis gas atau tidak. Jika masih tidak ada bunyi desis gas, kemungkinan besar knop kompor gas sudah rusak dan perlu diganti.

  1. Cek Regulator Kompor Gas
    Regulator kompor gas adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur tekanan gas dari tabung ke selang dan ke burner. Jika regulator kompor gas bermasalah, maka tekanan gas tidak akan stabil dan api tidak akan menyala.

Penyebab regulator kompor gas bermasalah bisa karena kotor, bocor, atau rusak. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba melepas regulator dari tabung elpiji dan lihat apakah ada kerusakan atau kebocoran pada bagian regulator.

Jika ada kerusakan atau kebocoran pada regulator, Anda harus mengganti regulator dengan yang baru. Jika tidak ada kerusakan atau kebocoran pada regulator, Anda bisa membersihkan bagian dalam regulator dengan kain kering atau sikat gigi bekas. Jika ada kotoran atau debu yang menyumbat lubang regulator, bersihkan sampai bersih.

Jika sudah bersih, coba pasang regulator ke tabung elpiji lagi dan lihat apakah tekanan gas sudah normal atau tidak. Anda bisa melihat indikator tekanan pada jarum regulator. Jika jarum menunjukkan warna hijau, berarti tekanan gas normal. Jika jarum menunjukkan warna merah, berarti tekanan gas rendah. Jika jarum menunjukkan warna kuning, berarti tekanan gas tinggi.

  Berapa Gelas Belimbing untuk 1 kg Beras?
  1. Cek Tabung Gas Elpiji
    Tabung gas elpiji adalah sumber utama yang menyediakan gas untuk kompor. Jika tabung gas elpiji bermasalah, maka gas tidak akan mengalir ke kompor dan api tidak akan menyala.

Penyebab tabung gas elpiji bermasalah bisa karena gas habis, bocor, atau kadaluarsa. Untuk memeriksanya, Anda bisa mencoba menggoyang-goyangkan tabung gas elpiji dan dengarkan apakah ada bunyi air atau tidak.

Jika ada bunyi air, berarti gas di dalam tabung sudah habis dan perlu diganti dengan yang baru. Jika tidak ada bunyi air, Anda bisa mencoba mencium bau gas di sekitar tabung. Jika ada bau gas yang menyengat, berarti tabung bocor dan perlu diganti dengan yang baru.

Jika tidak ada bau gas, Anda bisa mencoba melihat tanggal kadaluarsa pada tabung. Jika tanggal kadaluarsa sudah lewat, berarti gas di dalam tabung sudah tidak layak pakai dan perlu diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki kompor gas Rinnai yang tidak menyala yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kompor gas di rumah Anda. blush

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *