Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air dengan Cepat

  • 3 min read
  • Oct 11, 2023
Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air dengan Cepat

Cara Memperbaiki Hp yang Kemasukan Air

Pengantar

Mengalami kecelakaan dengan telepon seluler yang kemasukan air merupakan situasi yang sangat umum. Kekhawatiran pun muncul ketika kita berpikir tentang biaya perbaikan dan kerugian data yang mungkin terjadi. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki hp yang kemasukan air sebelum membawanya ke tukang servis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara tersebut dengan harapan dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Matiakan Hp Segera!

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika hp Anda tersiram air adalah MATIKAN telepon secepat mungkin. Mematikan hp secara cepat akan menghindari terjadinya kerusakan lebih lanjut akibat komponen elektronik yang terkena air. Jangan mencoba menyalakan kembali hp Anda untuk menghindari gangguan pada kelistrikan dalam hp.

Keringkan dengan Lemari Es

Setelah mematikan hp, segera lepaskan baterai dan SIM card. Tempatkan hp Anda di dalam wadah yang kedap udara seperti kantong plastik atau mungkin di dalam wadah berisi beras kering. Jangan gunakan nasi biasa karena dapat meninggalkan residu pada hp Anda. Selanjutnya, letakkan hp Anda di dalam lemari es selama minimal 24 jam. Suhu rendah dapat membantu menghilangkan kelembaban yang tersisa dalam hp Anda.

Gunakan Lampu Kering

Jika Anda tidak ingin menunggu selama 24 jam, alternatif lain adalah menggunakan lampu kering. Letakkan hp Anda di bawah lampu kering dengan jarak yang aman. Pastikan lampu kering tersebut tidak terlalu panas agar tidak merusak komponen hp. Biarkan hp Anda terkena panas lampu selama minimal 4 jam. Proses ini juga akan membantu menghilangkan kelembaban sisa yang dapat merusak hp Anda.

Hindari Menggunakan Pengering Rambut

Meskipun pengering rambut dapat mempercepat proses pengeringan hp yang basah, penggunaannya sangat tidak disarankan karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak komponen dalam hp Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari menggunakan pengering rambut saat mencoba mengeringkan hp yang kemasukan air.

Menggunakan Pendingin Udara

Jika Anda tidak memiliki lampu kering, alternatif lain adalah menggunakan pendingin udara. Letakkan hp Anda di dekat pendingin udara dengan suhu rendah. Pastikan tidak ada komponen yang terlalu dekat dengan aliran udara yang sangat kuat. Diamkan hp Anda selama minimal 8 jam di dekat pendingin udara. Pendingin udara akan membantu mengeringkan hp Anda dengan aman.

Coba Menyalakan Kembali

Setelah mencoba langkah-langkah di atas dan hp Anda sepenuhnya kering, saatnya untuk merakit telepon Anda dan mencoba menyalakannya. Pasang kembali baterai dan SIM card, lalu nyalakan hp. Jika hp Anda tidak menyala, cobalah mengisi ulang baterai dan coba lagi. Jika masih tidak menyala, Anda mungkin perlu membawa hp Anda ke tukang servis untuk diperbaiki.

Kesimpulan

Merawat dan memperbaiki hp yang kemasukan air adalah sesuatu yang dapat dilakukan sendiri. Meskipun ada risiko kerusakan permanen akibat kontak dengan air, langkah-langkah di atas dapat membantu mengurangi kemungkinan kerusakan pada hp Anda. Tetapi, jika segala upaya sudah dilakukan dan hp Anda masih tetap rusak, membawanya ke tukang servis adalah pilihan terbaik.

FAQ Page

Cara Memperbaiki HP yang Terkena Air dengan Cepat

Apa yang harus dilakukan jika HP terkena air?

Bersihkan segera HP menggunakan kain yang lembut dan kering. Matikan HP dan jangan menyalakannya sampai benar-benar kering.

Apakah beras bisa membantu mengeringkan HP yang basah?

Benar, beras bisa membantu mengeringkan HP yang basah. Cukup letakkan HP dalam wadah berisi beras selama 24-48 jam untuk menyerap kelembapan.

Apakah membawa HP ke teknisi diperlukan setelah terkena air?

Jika setelah melakukan langkah-langkah pencegahan tetapi HP masih tidak berfungsi dengan baik, disarankan untuk membawa ke teknisi agar diperbaiki dengan cepat sebelum masalah semakin parah.

Bisakah HP yang basah diatasi sendiri dengan perawatan rumah?

Ya, terkadang HP yang basah dapat diperbaiki sendiri dengan menggunakan metode perawatan di rumah seperti mengeringkan dengan silica gel atau menggunakan lampu pengering rambut dengan suhu rendah.

Berapa lama HP yang terkena air harus dikeringkan sebelum dinyalakan?

HP yang terkena air sebaiknya dikeringkan selama minimal 24 jam tanpa dinyalakan. Hal ini untuk memastikan bahwa semua komponen dalam HP benar-benar kering agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

  Prosedur Return dan Refund: Hak Konsumen dan Penjelasannya