Panduan Lengkap: Cara Memindahkan Playlist di Spotify

  • 3 min read
  • Oct 13, 2023
Panduan Lengkap: Cara Memindahkan Playlist di Spotify

Cara Memindahkan Playlist Spotify dengan Mudah

Spotify telah menjadi platform streaming musik terkemuka di dunia, dengan lebih dari 345 juta pengguna aktif bulanan (Maret 2021). Sebagai pengguna Spotify yang jarang, Anda mungkin telah membuat beberapa playlist yang berharga bagi Anda. Tapi bagaimana jika Anda ingin pindah dari satu akun Spotify ke akun lainnya atau memindahkan playlist Anda ke smartphone baru Anda? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memindahkan playlist Spotify dengan mudah.

Pilih Menu “Playlist”

Langkah pertama dalam memindahkan playlist Spotify Anda adalah dengan membuka aplikasi Spotify di perangkat Anda. Setelah masuk ke akun Anda, pilih menu “Playlist” di bagian bawah layar. Di sana, Anda akan melihat semua playlist yang telah Anda buat sebelumnya.

Pilih Playlist yang Ingin Anda Pindahkan

Setelah memilih menu “Playlist”, gulir ke bawah hingga Anda menemukan playlist yang ingin Anda pindahkan. Ketuk playlist tersebut untuk membukanya.

Ketuk Tombol Bertitik Tiga

Saat membuka playlist yang ingin Anda pindahkan, Anda akan melihat tiga titik di sudut kanan atas layar. Ketuk tombol tersebut untuk membuka menu opsi playlist.

Pilih “Bagikan”

Setelah memilih tombol bertitik tiga, pilih opsi “Bagikan” dari menu yang muncul. Opsi ini memungkinkan Anda untuk berbagi playlist dengan orang lain atau memindahkannya ke akun lain.

Pilih “Salin Tautan”

Saat memilih opsi “Bagikan”, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Pilih opsi “Salin Tautan” untuk menyalin tautan playlist.

Tempelkan Tautan Playlist di Lokasi yang Diinginkan

Setelah menyalin tautan playlist, buka perangkat lain yang ingin Anda pindahkan playlist Spotify-nya. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan playlist ke smartphone baru Anda, buka aplikasi Spotify di smartphone tersebut.

Setelah terbuka, buka aplikasi pesan atau email di perangkat baru Anda, atau aplikasi pesan jika Anda ingin mengirimkan tautan playlist kepada seseorang. Tempelkan tautan playlist yang telah Anda salin ke lokasi yang diinginkan.

Setelah menempelkan tautan playlist di lokasi yang diinginkan, buka tautan tersebut pada perangkat baru Anda. Setelah membuka link tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman playlist di aplikasi Spotify.

Di halaman playlist, ketuk opsi “Ikuti” untuk memindahkan playlist Spotify ke akun Spotify Anda yang baru. Dengan begitu, playlist tersebut akan muncul di perpustakaan playlist Anda.

Tetapkan sifat Playlist

Setelah menyalin playlist dari tautannya, Anda akan melihat playlist itu di perpustakaan playlist Anda. Tapi perlu diingat, Playlist ini mungkin masih dalam sifat “Publik”. Jika Anda ingin membatasi akses terhadap playlist ini, Anda dapat mengatur sifat playlist sesuai keinginan Anda dengan memilih playlist dan memilih “Buat Playlist Privat.”

Catatan: Batasan yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa batasan yang perlu Anda ketahui ketika memindahkan playlist Spotify. Pertama, Anda hanya dapat memindahkan playlist yang telah Anda buat sendiri. Artinya, Anda tidak dapat memindahkan playlist yang dibuat oleh pengguna lain.

Kedua, jika Anda memindahkan playlist ke akun Spotify yang berbeda dari akun asli Anda, Anda tidak dapat melanjutkan mengedit playlist tersebut. Anda hanya dapat memutar dan membagikannya, tetapi tidak dapat menambah, menghapus, atau mengedit lagu di playlist.

Namun, jika Anda ingin tetap dapat mengedit playlist tersebut, Anda dapat membagikan playlist ke akun baru dan membuat salinan playlist di akun baru Anda. Dengan ini, Anda akan memiliki kontrol penuh terhadap playlist.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara memindahkan playlist Spotify dengan mudah. Langkah-langkahnya termasuk membuka aplikasi Spotify, memilih playlist yang ingin Anda pindahkan, menyalin tautan playlist, dan tempelkan tautan di lokasi yang diinginkan. Selain itu, kami juga membagikan beberapa batasan yang perlu Anda ketahui ketika memindahkan playlist. Sekarang Anda dapat dengan mudah memindahkan playlist Spotify Anda ke akun baru atau perangkat lain. Selamat memindahkan dan menikmati playlist musik favorit Anda!

Panduan Lengkap: Cara Memindahkan Playlist di Spotify

Panduan Lengkap: Cara Memindahkan Playlist di Spotify

FAQ 1

Bagaimana cara memindahkan playlist di Spotify?

Jawaban FAQ 1

Anda dapat memindahkan playlist di Spotify dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke aplikasi Spotify.
  • Pilih playlist yang ingin Anda pindahkan.
  • Klik tombol “…” di sebelah kanan playlist.
  • Pilih “Pindahkan playlist” dari opsi yang muncul.
  • Tentukan playlist tujuan untuk memindahkan.
  • Klik “Pindahkan” untuk menyelesaikan proses.

FAQ 2

Apakah saya dapat memindahkan playlist antara akun Spotify?

Jawaban FAQ 2

Tidak, saat ini Spotify tidak menyediakan fitur untuk memindahkan playlist antara akun. Anda perlu membuat ulang playlist di akun baru jika ingin memindahkannya.

FAQ 3

Apakah playlist yang saya pindahkan akan tetap ada di akun lama?

Jawaban FAQ 3

Ya, playlist yang Anda pindahkan akan tetap ada di akun lama. Proses pemindahan hanya menyalin playlist ke akun tujuan tanpa menghapusnya dari akun asal.

FAQ 4

Apakah ada batasan jumlah playlist yang dapat saya pindahkan?

Jawaban FAQ 4

Tidak, tidak ada batasan jumlah playlist yang dapat Anda pindahkan. Anda dapat memindahkan sebanyak yang Anda inginkan selama masih memenuhi kapasitas akun Spotify Anda.

FAQ 5

Apakah playlist yang saya pindahkan tetap berbagi tautan yang sama?

Jawaban FAQ 5

Ya, playlist yang Anda pindahkan akan tetap memiliki tautan yang sama dengan playlist aslinya. Jadi jika Anda membagikan tautan sebelum memindahkan playlist, tautan tersebut tetap berlaku untuk playlist yang dipindahkan.

  Panduan Lengkap: Cara Menjadi Agen J&T Perorangan