Cara Mudah: Cek Saldo e-Toll Tanpa Menggunakan NFC

  • 3 min read
  • Oct 15, 2023
Cara Mudah: Cek Saldo e-Toll Tanpa Menggunakan NFC

Cara Cek e-Toll tanpa NFC

Dalam era digital seperti sekarang ini, e-Toll telah menjadi salah satu metode pembayaran tol yang paling digemari di Indonesia. Dengan menggunakan kartu e-Toll, Anda dapat dengan mudah melewati gerbang tol tanpa harus membayar tunai. Namun, masalah sering muncul ketika pengguna tidak memiliki perangkat smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) untuk membaca kartu e-Toll. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah untuk memeriksa saldo e-Toll tanpa NFC.

Menggunakan Aplikasi e-Toll

Salah satu metode yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa saldo e-Toll tanpa NFC adalah dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi resmi e-Toll. Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi e-Toll dari toko aplikasi resmi.
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data pribadi Anda.
  3. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat beranda aplikasi e-Toll.
  4. Pilih menu “Cek Saldo” untuk memeriksa saldo e-Toll Anda.
  5. Masukkan nomor kartu e-Toll Anda dan tekan tombol “Cek”.
  6. Tunggu beberapa saat, dan saldo e-Toll Anda akan ditampilkan di layar.

Menggunakan Mesin Top Up e-Toll

Selain menggunakan aplikasi e-Toll, Anda juga dapat memeriksa saldo e-Toll tanpa NFC dengan menggunakan mesin top up e-Toll yang tersedia di gerbang tol atau lokasi lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cari lokasi mesin top up e-Toll terdekat.
  2. Masukkan kartu e-Toll Anda ke dalam mesin top up.
  3. Pilih opsi “Cek Saldo” di layar mesin.
  4. Tunggu beberapa saat, dan saldo e-Toll Anda akan ditampilkan di layar mesin.
  5. Jika Anda ingin mengisi saldo e-Toll, pilih opsi “Top Up” dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.

Menggunakan Turnstile

Jika Anda sedang berada di gerbang tol dan periksa saldo e-Toll Anda, tetapi tidak memiliki NFC pada smartphone Anda, ada cara lain yang dapat Anda coba yaitu menggunakan turnstile. Ini adalah pintu gerbang tol yang biasanya digunakan untuk masuk atau keluar dari jalan tol. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Arahkan kartu e-Toll Anda ke panel kartu e-Toll pada turnstile.
  2. Tunggu beberapa saat, dan saldo e-Toll Anda akan ditampilkan di layar turnstile.
  3. Jika saldo e-Toll Anda tidak cukup, Anda akan diberitahu oleh turnstile dan tidak dapat melewati gerbang tol.

Kesimpulan

Meskipun Anda tidak memiliki perangkat smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC, Anda tetap dapat memeriksa saldo e-Toll dengan mudah. Artikel ini telah membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut, yaitu menggunakan aplikasi e-Toll, mesin top up e-Toll, dan turnstile. Cobalah metode yang paling nyaman bagi Anda dan pastikan saldo e-Toll Anda selalu terisi sehingga Anda dapat melewati gerbang tol dengan lancar tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Selamat menggunakan e-Toll!

FAQs

FAQs: Cara Mudah – Cek Saldo e-Toll Tanpa Menggunakan NFC

FAQ 2:

Apakah ada alternatif lain untuk mengecek saldo e-Toll tanpa NFC?

Selain menggunakan aplikasi My e-Toll, Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan e-Toll atau mengunjungi gerai-gerai e-Toll resmi untuk mengecek saldo e-Toll tanpa NFC.

FAQ 3:

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi My e-Toll?

Anda dapat mengunduh aplikasi My e-Toll secara gratis melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau Apple App Store (untuk pengguna iOS). Pilih aplikasi yang sesuai dan ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.

FAQ 4:

Apakah penggunaan aplikasi My e-Toll disertai biaya tambahan?

Tidak, penggunaan aplikasi My e-Toll tidak disertai biaya tambahan. Aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis untuk mengecek saldo e-Toll dan melakukan transaksi lainnya terkait e-Toll.

FAQ 5:

Apakah saya perlu memiliki akun untuk menggunakan aplikasi My e-Toll?

Ya, Anda perlu memiliki akun untuk menggunakan aplikasi My e-Toll. Silakan ikuti petunjuk pada aplikasi untuk membuat akun baru jika Anda belum memilikinya. Jika sudah memiliki akun, gunakan informasi login yang Anda gunakan ketika mendaftar untuk masuk ke aplikasi.

  Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 dengan Mudah